8.25.2017

Dengarkan baik-baik!

Ayat emas : Roma 10:17 (TB)  Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.

Dalam ilmu komunikasi, mendengarkan memiliki peranan yang sangat penting dalam terjalinnya komunikasi yang efektif. Terdapat lima tahapan dalam mendengarkan, receiving (menerima), understanding (memahami), evaluating (merenungkan), remembering (mengingat), and responding (merespon).

Roma 10:17 menegaskan bahwa iman/percaya kita kepada Kristus timbul dari "pendengaran", dan pendengaran oleh firman Kristus! Oleh karena itu, hendaklah kita memiliki sikap yang benar dalam mendengarkan Firman Tuhan. Sikap yang benar dalam mendengar firman, akan menghasilkan iman yang berdampak, pantas dipercaya, dan berani dalam segala situasi!

Ketika Firman Tuhan disampaikan, maka terima/dengarkan/perhatikan baik-baik, lalu pahami setiap pesan yang disampaikan hingga sampai mengerti kehendak Tuhan. Lalu renungkan Firman setiap saat, agar kehidupan kita sejalan dengan Firman. Ingat baik-baik setiap kehendak Tuhan, supaya hidup kita beruntung. Dan yang terakhir, respon dengan sikap yang benar, tetap ingatlah bahwa Firman Tuhan ditujukan untuk membawa hidup kita semakin serupa dengan Kristus, dengan standar yang Tuhan inginkan!

Kata motivasi : Perhatikan caramu memperhatikan Firman, karena pendengaran akan Firman Tuhan akan menghasilkan iman yang tangguh menghadapi segala keadaan.

Penulis : Daniel Raharjo

0 comments:

Post a Comment