3.09.2012

Team Work - part 3

“You can't do anything to help your team win when you don't play.” - Freddy Adu

Bahasan kita tentang team work ternyata cukup panjang juga ya? Karena itu bahasan team work ini saya bagi menjadi tiga bagian. Pada bagian yang ketiga ini, terdapat satu prinsip yang bagi orang lain mungkin tidak sependapat dengan saya. Prinsip kelima ini cukup kontroversial bagi sebagian orang, karena dirasa terlalu ekstrem. Namun saya tidak tahu bagaimana pandapat Anda tentang prinsip ini. Penasaran seperti apakah bagian terakhir dari rangkaian tulisan Team Work ini? Setuju atau tidak setuju, dilakukan atau tidak dilakukan, semua keputusan ada di tangan Anda.

Inilah prinsip kelima. “Kalau terjadi KEGAGALAN dalam tim, itu MUNGKIN karena SAYA. Tetapi ketika tim mencapai KEBERHASILAN…itu PASTI karena TIM/KAMI”


Bagaimana? Mungkin setelah Anda membaca kalimat di atas, hati Anda langsung berteriak “Apa-apaan ini?!” atau mungkin “Prinsipnya ngawur banget sih?!”, dan mungkin masih banyak lagi respon-respon baik yang setuju dengan saya maupun yang sebaliknya. Namun seperti yang sudah saya sampaikan di awal tadi, keputusan ada di tangan Anda.

Prinsip ini sepertinya memang sedikit ekstrim ya? Tetapi kalau semua anggota bagian dalam tim berpikir seperti ini, tampaknya akan selalu ada alasan bagi tim untuk bangkit dari kegagalan menuju kemenangan. Kenapa? Mari merenung sejenak,  tidak jarang kita saling menyalahkan apabila ada sesuatu kegagalan dalam usaha tim kita. Bahkan lebih parahnya lagi, kita mulai saling mencari kambing hitam atas kegagalan yang terjadi. Ironis sekali bukan? Tetapi ketika tim mengalami keberhasilan, akan muncul ajang saling menyombongkan diri atas kinerja masing-masing, yang mungkin sebenarnya tidak berpengaruh banyak bagi tim. Konyol? Namun memang seperti itu realitanya. Lewat prinsip ini, kita belajar untuk bertanggungjawab atas semua kesalahan kita dan mau merendahkan diri menerima bahwa kesuksesan tim adalah kesuksesan bersama.

Mungkin masih banyak lagi prinsip-prinsip Team Work yang bisa Anda dapatkan tidak hanya dari tulisan-tulisan ini. Tetapi setidaknya lewat lima prinsip ini, Anda dapat memulai sebagai pribadi yang mampu menginspirasi anggota-anggota tim lainnya untuk mau berjuang membangun sebuah kerja tim yang solid. Sebab, seperti kata Freddy Adu, ”Anda tidak dapat berbuat apapun untuk kemenangan tim, kalau Anda sendiri tidak ikut bermain/bertindak di dalamnya!”

0 comments:

Post a Comment