3.07.2012

Team Work - part 1

“It doesn't matter who scores the goals, as long as we win.” - Steven Gerrard

It’s time to share again. Kali ini, saya akan membahas tentang Team Work! It’s simple, but complicated, bingung? Kenapa saya bilang ini simple? Hampir di mana pun kita berada, kita tidak pernah lepas dari perihal kerja tim ini. Bahkan misal sekalipun kita berubah menjadi Tarzan, yang notabene satu-satunya manusia di hutan tempat tinggalnya, tetap saja kita membutuhkan partner tim. Bersama partner setianya, Cheetah, Tarzan harus mampu bekerja sama dalam kehidupan sehari-harinya. Justru partner Tarzan bisa dibilang banyak. Sebut saja gajah, jerapah, singa, beruang, gorila, dsb. (stop..stop! kenapa jadi membahas Tarzan? J)

Nah...mari kita masuk ke inti persoalan. Tarzan saja membutuhkan rekan kerja. Apalagi kita yang berada di tengah-tengah kumpulan manusia yang memiliki karakter berbeda-beda. Karena perbedaan inilah maka kerja tim (team work) harus ditanamkan dengan baik demi tercapainya tujuan bersama. Lalu pertanyaannya, apa saja yang dibutuhkan dalam sebuah kerja tim?


Pertama, belajarlah untuk tidak egois.
It’s a Team! Dalam tim, yang ada adalah KITA, bukan KAMU apalagi SAYA. Ini penting. Banyak di antara kita tidak menyadari hal ini. Tim terdiri dari beberapa personal, masing-masing memiliki karakter yang berbeda satu dengan yang lain. Jadi, kalau kita memaksakan ego kita masing-masing, maka kehancuran tim sudah di depan mata.

Kedua, hargai setiap orang dalam tim.
Masing-masing tidak pantas menganggap dirinya lebih dibandingkan dengan anggota tim lainnya. Anggap bahwa masing-masing kita memiliki kedudukan yang sama - sejajar. Sekalipun di dalam tim terdapat susunan tim, bukan berarti pemimpin/ketua/koordinator bisa bertindak seenak hati. Hargailah orang lain, maka orang lain akan menghargaimu. Bersikap buruklah terhadap orang lain, maka orang lain akan bersikap sama buruknya terhadapmu. Pilihan di tangan Anda.

Di bagian pertama ini, saya menuliskan dua prinsip dalam membangun kerja tim. Pada bagian kedua masih terdapat dua prinsip lagi yang saya harap dapat membantu kita dalam membangun team work yang solid! Prinsipnya sama seperti kutipan yang diucapkan oleh Steven Gerrard di atas, “Tidak menjadi masalah siapapun yang mencetak goal, sepanjang KITA MENANG!” – ini adalah prinsip kerjasama tim yang berhasil.

0 comments:

Post a Comment