3.15.2012

Merubah Watak Bebal

Dearly beloved,

Alkitab menuliskan ada satu tipe manusia yang dalam pergaulan akan banyak dihindari orang. Bahkan Amsal menuliskan dengan sangat tajam, bahwa lebih baik berjumpa seekor beruang betina yang kehilangan anak daripada menjumpai seseorang dengan tipe ini. Tipe manusia seperti apa yang dimaksud? Jawabannya adalah orang bebal. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata bebal memiliki makna "sukar mengerti; tidak cepat menanggapi sesuatu (tidak tajam pikiran); bodoh"

Apa yang saya tulis hari ini mungkin terkesan terlalu tajam bagi sebagian orang, tetapi sebagian yang lain mungkin akan setuju dengan hal ini. Seorang yang melakukan kesalahan satu kali disebut kurang berpengalaman. Seseorang yang melakukan kesalahan yang sama sebanyak dua kali disebut tidak belajar dari pengalaman. Tetapi seseorang yang melakukan kesalahan yang sama berkali-kali disebut bebal! Orang yang bebal seringkali merasa dirinya sudah benar, tidak memerlukan teguran, bahkan tidak dapat menerima kritik. Siapapun tidak dapat merubah orang dengan tipe ini, selain dirinya sendiri yang mengijinkan Allah merubah karakternya. 

Tiga kunci untuk tidak menjadi bebal :
"rendah hati menerima teguran, kemauan untuk belajar, kerelaan dibentuk oleh Tuhan!"
Regards,
"Lebih baik berjumpa dengan beruang betina yang kehilangan anak, dari pada dengan orang bebal dengan kebodohannya." - Amsal 17 : 12

0 comments:

Post a Comment