2.17.2017

Percaya dan Mengaku

Ayat emas : Roma 10:10 (TB)  Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.

Pada ayat yang baru saja kita baca, dituliskan mengenai 2 hal utama mengenai iman percaya kita kepada Tuhan Yesus, yaitu hati dan mulut.
Hati dan mulut berbicara mengenai integritas hidup, bahwa apa yang ada di dalam hati seharusnya selaras dengan apa yang kita ucapkan. Jangan sampai seperti kata-kata, "lain di bibir, lain di hati", yang memiliki makna kepalsuan/kebohongan.

Tentang keselamatan pun demikian. Hati adalah tentang percaya bahwa Kristuslah Tuhan, sehingga kita dibenarkan oleh Tuhan. Mulut atau ucapan adalah tentang keberanian untuk mengakui bahwa Yesus Kristus Juru Selamat, sehingga kita beroleh keselamatan.

Oleh karena itu, jika hati kita percaya kepada Tuhan, maka biarlah kita dengan gagah berani mengakui Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juru Selamat kita. Jangan malu, jangan gentar, jangan merasa kecil hati sebagai pengikut Kristus. Justru, kita harus bangga memiliki Kristus dalam hidup kita.

Saya ingat perkataan Polycarpus, salah seorang murid langsung dari Yohanes, yang juga seorang martir. Ketika Polycarpus diminta untuk menyangkal Kristus, dia dengan gagah berani menjawab, "Delapan puluh enam tahun aku telah melayani Dia; Ia tidak pernah berbuat salah kepadaku. Bagaimana mungkin aku mengkhianati Rajaku yang telah menyelamatkan aku?"

Kata motivasi : "Yesus dengan gagah berani membuktikan cinta-Nya kepada kita dengan mati di kayu salib. Sudah semestinya kita dengan gagah berani dan bangga mengakui bahwa Yesuslah Tuhan dan Juru Selamat kita!"

Penulis : Daniel Raharjo

0 comments:

Post a Comment